Jika Sayuran di Goreng Apakah Masih Baik Untuk Kesehatan? Simak Pembahasannya

Wpfreeware 2022-10-10 13:00:00 health


Source: Pinterest

Setiap orang pastinya memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengolah sayuran, ada yang suka direbus, ditumis, hingga digoreng. Apalagi kita tahu sayuran merupakan makanan yang sehat bagi tubuh, maka dari itu sangat disarankan untuk anda mengkonsumsi sayuran agar tubuh selalu bugar. Bagi sebagian orang menganggap apabila sayuran di goreng, sayuran tersebut tetap sehat, namun ada pula yang berpendapat sayuran digoreng menjadi tidak sehat.


Lalu manakah penjelasan yang benar terkait dengan sayuran digoreng apakah tetap sehat atau tidak? Mengacu ada apa yang dijelaskan para peneliti yang dilansir Healthline, para peneliti ingin memahami apakah nutrisi, terutama fenol, bertambah, hilang, atau berkembang di setiap metode memasak. Pasalnya di dalam sayuran terdapat Fenol yang merupakan nutrisi penting, ini merupakan antioksidan alami yang unik untuk banyak sayuran, kandungan ini berkontribusi pada rasa sayuran dan dapat mendukung kesehatan.

Source: Pinterest

Studi menunjukkan bahwa makanan yang ditumis dalam minyak zaitun memiliki fenol yang tidak ditemukan dalam bentuk mentah. Fenol tersebut berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng dan menumis. Dengan demikian, kapasitas antioksidan dari makanan akan meningkat saat disajikan minyak.


Ada juga yang mengatakan penelitian ini telah membuat para pembaca berpikir, bahwa makanan yang digoreng itu baik untuk kesehatan. Namun pertimbangan lainnya, pada penelitian ini hanya mencangkup empat sayuran, yakni kentang, tomat, terong, dan labu.


Sementara dua yang pertama yakni makanan dari diet rata-rata di Amerika, keempat nya sama sekali tidak terdiri dari seluruh kategori sayuran. Sebagian besar laporan gagal membedakan antara menggoreng dan menumis dan keduanya bukan istilah yang dapat dipertukarkan.

Source: Pinterest

Menggoreng merupakan metode memasak sayuran dengan merendam nya dalam minyak, sedangkan menumis berarti memasak dengan sedikit minyak. Menumis juga biasanya diartikan sebagai memasak dengan cepat, menghasilkan makanan yang dimasak dengan ringan.


Di sisi lain menggoreng bisa memakan waktu yang lebih lama dan memungkinkan makanan menyerap lebih banyak lemak. Menggoreng juga menggunakan suhu memasak yang lebih tinggi, hal ini juga tidak baik untuk minyak zaitun extra virgin karena minyak memiliki titik asap yang rendah.


Dari apa yang sudah dibahas, bagi para penggemar makanan yang digoreng, disarankan untuk memasak sayuran dengan cara ditumis atau dikukus agar lebih sehat.


Comment

Similar Post You May Like