Yuk Rawat Jerawat Pecah Dengan Tips Berikut Ini, Anti Iritasi!

Wpfreeware 2023-08-05 11:00:00 Fashion&beauty

Jerawat yang muncul memang sering jadi dilema tersendiri. Biarpun rasanya ingin cepat-cepat hilang, tapi memencet jerawat sama sekali nggak disarankan karena bisa menimbulkan infeksi hingga meninggalkan bekas menghitam pada wajah yang tentu saja bisa mengganggu penampilan.


Tapi saat jerawat pecah secara tidak sengaja dengan sendirinya, Anda perlu melakukan perawatan yang ekstra Demi meminimalisir kerusakan jaringan kulit yang bisa terjadi karena jerawat pecah. Sobat Glamours pernahkah mengalami pecah jerawat karena telah matang? Namun masih bingun cara merawatnya? Yuk langsung simak tips berikut ini!


Bersihkan Kulit Wajah

8 Cara Merawat Kulit Wajah agar Sehat dan Mulus

Source: Pinterest

Hal pertama yang perlu dilakukan saat jerawat pecah adalah membersihkan kulit yang ada di sekitar area tersebut. Caranya, keluarkan cairan putih yang muncul saat jerawat pecah dengan maksimal. Hal ini penting karena jika tidak dibersihkan, bisa memicu timbulnya jerawat di area sekitar keesokan harinya. Kemudian kompres menggunakan toner yang mengandung cantella dan witch hazel untuk mengurangi redness dan calming kulit wajah.


Obati Luka pada Jerawat

Ini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat - Alodokter

Source: Pinterest

Begitu jerawat pecah, maka ia berubah menjadi luka terbuka yang memerlukan penanganan khusus agar tidak infeksi. Jadi, sebaiknya hindari mengoleskan acne spot treatment karena produk ini umumnya mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid. Kedua bahan ini bisa menyebabkan iritasi jika dioleskan pada luka terbuka.


Disarankan untuk mengaplikasikan antibiotic ointment yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di area tersebut. Produk ini juga bisa mencegah munculnya luka yang timbul akibat bekas jerawat.



Kompres Luka yang Meradang

Tidak Sengaja Membuat Jerawat Pecah? Ini yang Harus Anda Lakukan untuk  Menanganinya! - Beauty Journal

Source: Pinterest

Last but not least, luka yang timbul saat jerawat pecah biasanya akan mengalami peradangan dan pembengkakan. Hal ini bisa membuatnya jadi tampak kemerahan dan berisiko meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan. Nah, demi meredakan kondisi tersebut, sebaiknya segera kompres area yang meradang dengan es batu.


Bungkus es batu dengan plastik atau kain bersih, tempelkan di area jerawat selama 10-15 menit. Treatment ini dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit dan mengurangi rasa nyeri akibat luka jerawat. Lakukan secara rutin hingga jerawat mengering ya! Selamat mencoba tips tersebut Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like