Fakta Menarik Tentang Margarin dan Mentega di Dunia Kesehatan

Wpfreeware 2023-08-08 08:48:45 health

Sobat Glamours tahukah Anda bahwa mentega dan margarin merupakan 2 jenis olahan yang berbeda loh. Mentega atau butter adalah produk susu yang dibuat menjadi krim. Produk pengadukannya memisahkan lemak mentega (padatan) dari susu mentega (cairan). Mentega merupakan yang paling sering dibeli, ada yang terbuat dari susu sapi, susu domba, kambing atau kerbau. Mentega memiliki warna kuning pucat atau putih kekuningan, tergantung makanan hewannya.


Sedangkan mentega merupakan produk non-susu yang dibuat sebagai pengganti mentega. Meskipun awalnya dibuat dari lemak hewani, saat ini bahan utamanya adalah minyak nabati, air, garam, dan pengemulsi. Margarin dapat ditemukan dalam bentuk batangan sehingga mudah ditemukan.


Dalam segi kesehatan Perbedaan terpenting antara mentega dan margarin yaitu lemak yang terkandung di dalamnya. Mentega yang berasal dari produk susu kaya akan lemak jenuh, sedangkan margarin yang terbuat dari minyak nabati mengandung lemak trans. Yuk Sobat Glamours langsung simak fakta menariknya berikut ini!


Fakta tentang Mentega dan Lemak

Source: Pinterest

Perdebatan tentang mentega dan margarin seringkali karena lemak yang terkandung. Makanan bisa mengandung lemak baik dan lemak jahat. Mengetahui bagaimana lemak mempengaruhi tubuh dapat membantu kamu membuat pilihan yang tepat antara mentega dan margarin.


  • Margarin "Lemak Baik"


Minyak nabati margarin mengandung lemak tak jenuh yang terbagi menjadi lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tungga. Ketika digunakan sebagai pengganti lemak jenuh, margarin dapat membantu menurunkan kolesterol low density lipoprotein (LDL), yaitu bentuk kolesterol “jahat” yang menyumbat arteri. Sedangkan lemak tak jenuh umumnya ditemukan pada tanaman dan sayuran. Lemak ini dianggap “baik” karena memiliki peran yang bermanfaat. 


  • Mentega "Lemak Jahat"


Mentega memiliki kadar lemak jenuh dan lemak trans yang lebih tinggi. Lemak ini dapat menyebabkan kolesterol yang lebih tinggi, sehingga kemungkinan penyakit jantung lebih besar. Sementara itu mentega memiliki high density lipoprotein (HDL) yang lebih rendah. 


Nah, itulah yang perlu diketahui dari mentega dan margarin. Keduanya mungkin tidak akan membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara bijak, sesuai kebutuhan, dan tujuan dari pola makan yang kamu jalani.


Comment

Similar Post You May Like