TPA Sarimukti Bandung Belum Padam, Plh Wali Kota Bandung Himbau Warga Kelola Sampah Mandiri!

Wpfreeware 2023-08-23 06:20:04 hotnews

Source: Google Image

Setelah empat hari kebakaran, titik api di area TPA Sarimukti masih menyala dan belum kunjung padam hingga hari ini 23, Agustus 2023. Sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api dari Pemerintah Kota dan Kabupaten di Bandung Raya. Sebelumnya, Koordinator TPA Sarimukti Riswanto mengatakan kebakaran gunungan sampah di zona empat terjadi sejak Sabtu (19/8/2023) pukul 23.00 Wib malam.


Titik api tersebut membakar gunungan sampah dan menyebabkan polusi udara di Kabupaten Bandung dan sekitarnya. Kondisi saat ini Petugas Dinas Kebakaran masih berjaga untuk memadamkan api agar tidak terus merembet. Dilansir dari Detik Jabar, Kepala UPTD Pengelolaan Sampah TPA/TPST Regional Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat Arief Perdana mengatakan penghentian pembuangan sampah ke TPA Sarimukti berlaku mulai hari Selasa, 22 Agustus 2023.

TPA Sarimukti Masih Membara, Area Kebakaran Bertambah 10 Hektar - Ayo  Bandung

Source: Google Image

Pengelola tersebut meminta empat daerah di Bandung Raya tidak membuang sampah hingga waktu yang belum ditentukan. "Jadi sementara tidak menerima dulu (pembuangan sampah). Nah, mau menumpuk di TPS atau seperti apa, itu diserahkan ke masing-masing daerah. Pemberhentian mulai hari ini," ujar Arief.


Plh Kota Bandung Ema Sumarna  juga ikut andil dalam permasalahan ini, Beliau meminta masyarakat dapat mengelola sampah mulai dari sumbernya. Salah satu langkah yang bisa dilakukan warga adalah menjadikan wilayahnya Kawasan Bebas Sampah (KBS) dengan meminimalisir penggunaan sampah plastik dan mengolah mandiri sampah basah atau organik.

Kalurahan di Bantul Ini Kelola Sampah Mandiri, Per Bulan Bisa Dapat Rp 7  Juta Halaman all - Kompas.com

Source: Google Image

“Saya harapkan para pengurus RT dan RW mengedukasi masyarakat untuk bisa menghadirkan sampah yang selesai di lingkungan. KBS juga menjadi tolak ukur kinerja camat dan lurah. Semakin banyak KBS di wilayahnya maka semakin baik pula kinerjanya.” Jelasnya di Balai Kota Bandung, Selasa 22 Agustus 2023. dikutip dari Kompas.com


Plh Wali Kota Bandung juga berharap kebakaran di TPA Sarimukti segera dapat ditangani dan tidak berulang, sehingga ritasi pembuangan sampah tidak terganggu dan berjalan seperti sedia kala. Yuk mulai kelola sampah dengan mandiri Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like