Kilas Balik Peringatan Kartini, Pelopor Emansipasi Wanita!

Wpfreeware 2022-04-21 07:45:33 hotnews


Source: Google Image

Tanggal 21 April merupakan peringatan hari Kartini, seluruh masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Kartini dengan berbagai kegiatan yang menarik dan inspiratif. Hari Kartini juga merupakan momentum untuk menyuarakan berbagai aspirasi wanita yang belum terpenuhi. Selain itu untuk menambah feels bangsa Indonesia pada hari kartini biasanya perempuan indonesia mengenakan kebaya.


Tokoh RA Kartini merupakan perempuan asal Jepara yang lahir pada 21 April 1879. Ia dikenal gigih dalam memperjuangkan emansipasi perempuan melalui surat-surat yang ditulisnya. Buah pemikirannya itu kian meluas ketika RA Kartini gemar berkirim surat dengan kawannya di berbagai penjuru dunia.


Di kemudian hari, surat-surat itu dikumpulkan dan diberi judul Door Duisternis tot Licht atau Dari Kegelapan menuju Cahaya. Pada 1922, tulisan RA Kartini diterbitkan menjadi buku kumpulan surat Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeh Pikiran, oleh Balai Pustaka. Tidak hanya itu R.A. Kartini juga memperjuangkan pendidikan yang layak bagi para wanita di Indonesia. Perjuangan tersebut memicu kemunculan organisasi-organisasi wanita yang memperingati hari kelahiran R. A. Kartini.


Atas jasa yang beliau berikan, peringatan hari kartini berawal dari dikeluarkannya Keputusan Presiden RI No. 108 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964. Kepres di masa Presiden Soekarno itu sekaligus menetapkan RA Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Hari Kartini itu sendiri merupakan perayaan perjuangan emansipasi wanita.


Emansipasi berarti pembebasan dari perbudakan dan persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Emansipasi wanita bertujuan memberi wanita kesempatan bekerja, belajar, dan berkarya seperti halnya para pria. Oleh karena itu beliau menjadi pelopor Emansipasi Wanita dan kebangkitan Perempuan Pribumi.


Seperti yang telah diketahui oleh masyarakat, R.A. Kartini merupakan pahlawan yang telah memperjuangkan persamaan hak wanita dengan pria. Semua pemikirannya untuk mendapatkan hak yang sama bagi perempuan dituangkan kedalam tulisan. Atas jasa perjuangannya dalam mencoba meraih penyetaraan hak yang sama bagi kaum wanita, R.A. Kartini selalu dikenang sepanjang masa.


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner